Laman

Rabu, 19 November 2014



Ikan Louhan dan Macam Jenisnya
Melihat ikan louhan, seolah membuat kita semua teringat di awal millennium yang membuatnya begitu booming di Indonesia. Posisi louhan saat itu sebagai ikan hias air tawar yang paling banyak dipelihara dan dicari. Pedagang Louhan di Pasar ikan hias pun laku keras karena banyaknya permintaan konsumen. Tapi itu dulu, entah kenapa perlahan Louhan mulai surut dan tidak pernah menanjak lagi sampai saat ini. he.. he..
Sedikit bernostalgia mengenang kejayaan ikan ini, sekarang saya akan sedikit membahas ikan ini kawan pembaca. Berasal dari keluarga Cichlidae, Ikan hias yang dikenal dengan ciri khas jenong & warna yang menyala ini, termasuk yang masih mempunyai penggemar tersendiri hingga saat ini. Walaupun sudah tidak sebooming dulu lagi. Buktinya adalah masih banyak juga kontes Louhan yang diadakan di berbagai kota. Oke, untuk mengawali materi tentang louhan, kita mulai untuk mengenal berbagai jenis louhan yang cukup populer. Kami lengkapi juga dengan gambar ikan louhan tersebut agar kawan - kawan mudah mengerti.

Jenis Ikan Louhan


  1. Ikan Louhan Cencu / Zenzhu : Louhan Cencu biasanya populer dengan nama ikan louhan mutiara. Saat ini louhan cencu sudah terdiri dari dua jenis lagi, yaitu jenis klasik dan modern. Untuk cencu klasik, terlihat dari warnanya yang cencerun terang daripada modern. Dan mutiaranya tidak begitu banyak. Bentuk tubuhnya elips dan jenong kepalanya tidak begitu besar. Jenis klasik memiliki kelebihan pada ukuran tubuhnya yang lebih besar daripada cencu modern. Namun semua itu kembali lagi adalah pemasangan genetik yang dirancang oleh peternak louhan, Untuk louhan cencu modern, mutiara terlihat lebih banyak, bahkan hingga kepala dan pipi nya, sehingga lebih indah dilihat. Jenongnya juga sudah muncul saat masih kecil, namun baru sebatas waterhead.
Gambar Louhan Cencu / Zenzhu
  1. Ikan Louhan Kamfa / Flower Horn : Louhan kamfa populer juga disebut golden flower. Banyak sekali penghobi ikan hias memelihara kamfa karena telah menjadi tren hingga saat ini. Kamfa mudah dikenali dari siripnya lebih lebar dan lebih kaku dari louhan lainnya. Saat masih kecil sirip atasnya sudah terlihat lebih lebar dari anakan louhan lainnya. Berbeda pula dari segi marking juga berbeda, jika cencu memiliki marking yang besar di badan dan di kepala, maka louhan kamfa tidak memiliki marking. Jika ada marking di kepala besar kemungkinannya louhan itu adalah hasil persilangan dengan jenis lain.
Description: gambar louhan kamfa | ikan hias, ikan louhan | anekaikanhias
Gambar Louhan Flowerhorn / Kamfa
  1. Ikan Louhan Golden Red : Nama louhan golden red didapat dari perpaduan warna antara warna merah dan warna kuning pada ikan louhan ini. Ikan ini merupakan ikan dari Thailand. Saat warna di tubuh dan siripnya belum pecah atau mutasi, ikan louhan golden red terlihat mirip sekali dengan louhan cencu. Baik itu dilihat dari marking dan bentuknya. Louhan golden red sangat indah dipandang. Proses mutasi warna nya pun ada beberapa tahap sehingga hasil akhirnya akan timbul warna kuning dan merah.
Description: gambar louhan golden red | ikan hias, ikan louhan | anekaikanhias
Gambar Louhan Golden Red
  1. Ikan Louhan Super Red Texas (SRT) : Louhan SRT juga merupakan louhan yang berasal dari negara Thailand. Mulai dikembangbiakkan dari jenis texas chiclid murni dari Amerika yang berwarna abu - abu dengan louhan golden red atau louhan red lain. Maka dihasilkanlah ikan louhan SRT yang berkualitas.
Description: gambar louhan srt | ikan hias, ikan louhan | anekaikanhias
Gambar Louhan SRT
  1. Ikan Louhan Rainbow King : Mulai dikembangkan di negara Singapura dan menjadi raja di beberapa kontes louhan internasional. Membuat louhan RBK ini menjadi tren disamping louhan kamfa. Louhan rainbow king sangat memukai dari segi warna, karena mengandung warna merah, kuning dan bahkan ada juga yang mempunyai warna biru. Marking horisontalnya sudah muncul walaupun masih anakan.
Description: gambar louhan rainbow king rbk | ikan hias, ikan louhan | anekaikanhias
Gambar Louhan RBK
  1. Ikan Louhan Super Red Synspillum (SRS) : Thailand membuat trend baru di dunia ikan hias louhan. Munculnya jenis ikan louhan baru yang dinamakan SRS membuatnya dijuluki sebagai kamfa dari thailand. Warna nya yang khas oranye bercampur merah bata membuat louhan ini sangat eksotis. Identitas utama louhan SRS sebenarnya terletak pada mata nya yang harus putih atau kuning. Jenongnya waterhead dan tidak ada marking di kepalanya. Anakan SRS biasanya disebut rainbow king oleh para pedagang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu bedakan dengan teliti.
Description: gambar louhan srs | ikan hias, ikan louhan | anekaikanhias
Gambar Louhan SRS
  1. Ikan Louhan Louhan Storm : Belum banyak informasi yang beredar dari jenis louhan asal thailand ini. Jika dilihat dari marking horisontal dan mutiaranya besar kemungkinan ada darah texas chiclid yang membentuk louhan storm ini.
Description: gambar louhan storm | ikan hias, ikan louhan | anekaikanhias
Gambar Louhan Storm
Demikian tadi kawan hobis, sedikit info mengenai jenis dan macam ikan louhan yang banyak digandrungi oleh penggemar ikan hias.

http://www.anekaikanhias.com/2014/07/ikan-louhan-dan-macam-jenisnya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar